Tips Tepat dalam Memilih Sepeda Road Bike untuk Pemula

Bersepeda kini menjadi sebuah gaya hidup yang dilakukan masyarakat untuk usaha mendapatkan kesehatan tubuh maupun sebagai sebuah hobi yang positif. Pastinya Anda sering melihat pengguna sepeda yang bersepeda di lingkungan perumahan, keramaian ataupun di arena olahraga yang disediakan oleh pemerintah di setiap kota. Kepopuleran sepeda juga mengakibatkan munculnya turnamen sepeda balap yang diadakan oleh pihak swasta maupun pemerintah. Jika keperluan balapan, maka pilihan sepedanya tak boleh sembarangan. Setidaknya Anda memerlukan sebuah sepeda road bike yang memiliki kelebihan sebagai sebuah sepeda balap.

Sebagai sepeda balap, jenis sepeda ini didesain untuk jalanan yang mulus seperti jalan raya. Namun kini ada juga sepeda balap yang didesain untuk penggunaan di jalan yang lebih keras atau berbatu yang dikenal dengan nama cyclocross. Tentu saja harga cyclocross yang bisa digunakan di semua jenis medan memiliki harga jual yang lebih mahal dibandingkan dengan road bike pada umumnya. Lalu bagaimana untuk memilih jenis road bike yang bisa memberikan maksimal sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Rangka.
Pemilihan rangka sepeda balap sangatlah penting karena rangka sepeda merupakan nyawanya sepeda. Rangka akan mempengaruhi berat ringan sepeda serta kuat atau ringkihnya sepeda tersebut. Selain itu, bentuk frame juga mempengaruhi kenyamanan Anda menggunakan sepeda karena berhubungan dengan ukuran tubuh. Saat ini ada beberapa material yang digunakan untuk membuat rangka sepeda yaitu carbon steel, chromory steel, Alloy, carbon fiber dan titanium. Selain kelima bahan tersebut, penggunaan besi juga masih ditemukan karena lebih murah bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah namun lebih tak tahan karat atau korosi. Untuk pemula, sebaiknya menggunakan bahan rangka sepeda road bike dari alumunium atau alloy karena ringan dan tahan karat. Selain bahan alumunium, Anda juga bisa memilih sepeda dengan rangka terbuat dari carbon steel karena harganya juga terjangkau dan kuat.

2. Ukuran.
Ukuran sebuah sepeda sangat mempengaruhi kenyamanan bersepeda. Bayangkan jika Anda menggunakan sepeda balap dengan ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar. Pastinya bukan hanya kurang nyaman namun juga mengganggu konsentrasi dan kecepatan kayuhan. Menggunakan sepeda yang tak sesuai dengan ukuran tubuh juga bisa menyebabkan tubuh terutama tulang belakang menjadi nyeri.

3. Harga.
Meski untuk hobi, harga bukan menjadi masalah, namun jika Anda memiliki banyak kebutuhan lainnya, bisa jadi harga sepeda balap menjadi terlalu mahal. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa mencari solusi dengan membeli sepeda balap second yang masih baik digunakan. Pemilihan sepeda second lebih detail dibandingkan dengan sepeda baru agar Anda mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Hal perlu Anda teliti adalah poros ruji agar tak mendapatkan sebuah sepeda yang sudah aus. Setelah poros Anda bisa perhatikan rangka sepeda agar tak mendapatkan rangka yang sudah berkarat atau keropos terutama untuk yang berbahan besi.

Dengan menerapkan tehnik pemilihan sepeda road bike bagi pemula di atas, Anda akan mendapatkan sebuah sepeda untuk balapan yang kuat, cepat dan tahan lama. Untuk harga kisaran road bike sendiri berada di angka lebih dari Rp. 3 juta hingga Rp. 7 jutaan yang tergantung dari merk sepeda tersebut. Bagi Anda pemula atau penghobi olahraga dengan tujuan kesehatan, tak perlu membeli sepeda balap yang terlalu mahal jika memang budget terbatas. Atau Anda juga bisa mencari promo yang kerap dilakukan oleh toko online untuk mendapatkan potongan harga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: